Comments

Senin, 13 Mei 2013

Panel-panel dalam Adobe After Effects

Posted by at 04.11 Read our previous post

Area kerja dalam after effcets akan langsung Memberikan tampilan  standar dari software tersebut. Dapat memilih tampilan area kerja, memodifikasi,ataupun membuat sebuah area kerja baru. Area kerja standar akan menampilkan beberapa panel seperti panel project, Composition, Timeline, Info, Audio, Time control, dan Effect present Panel.
Project Panel

Panel ini merupakan bagian utama untuk memulai pekerjaan dalam after affect. Sama seperti program lainya untuk menjalankan AE harus membuat bidang kerja terlebih dahulu dengan memilih Composition >New Composition. Atau dengan menekan CTRL+N.

Juga dapat langsung membuat bidang kerja dari kotak panael dengan meng-klik kanan mouse pada kotak panel.

Panel ini berfungsi sebagai wadah untuk memasukan dan menampung seluruh file yang akan digunakan dalam proses pengerjaan. Untuk mengimport file dapat masuk ke menu File >Import atau langsung dari kotak panel dengan mengklik kanan mouse dan pilih import.
Composition
Digunakan untuk melihat animasi atau komposisi yang akan di buat. Untuk melihatnya geser slider Current Time Indicator pada Timeline. Pada panel ini terdapat beberapa elemen-elemen seperti :

Magnification Ratio-Pop:mengatur besar kecilnya tampilan (Zoom)
Title-Action Safe menu:Berisikan Propotional Grid,Title-Action Safe,Grid Guides,Rulers, 3D Reference Axes.
Action Safe area adalah sebuah garis tepi pada composition untuk memberikan pandangan yang aman (tidak tepotong bila ditampilkan di layar TV)
Toggle View Mask:Menampilkan garis masking pada layer composition
Current Time Botton:Berfungsi untuk menampilkan kotak Go To Time dan memasukan nilai waktu dengan tepat.
Take Snapshot and Show last Snapshot: Untuk mengambil gambar still image dari animasi kita dalam Composition dan melihat hasilnya dengan Show last snap shot.
Resolution/Down sample factor menu: Menetukan resolusi pada komposisi yang sedang di jalankan.Pemilihan resolusi sangat berpengaruh pada proses kerja, semakin besar resolusi semakin berat pula program itu berjalan.
Region of Interest: Mmemilih bagian tertentu dari kolom posisi dengan mengunakan fungsi ini.

Toggle Transparancy Grid: Untuk menampilkan komposisi dengan atau tanpa background

Timeline Panel
Panel ini berfungsi untuk menganimasikan onjek-objek yang di buat berdasarkan waktu.Pada panel objek yang dianimasikan akan tersusun menjadi layer-layer yang saling menimpa,Prinsipnya sam dengan photoshop
Pada panel ini terdapat elemen-elemen tambahan yang tidak ditampilkan pada posisi standar Amda harus meng-klik Icon yang berada di bagian kiri bawah panel untuk menampilkan elemen tambahan tersebut. Elemen tersebut adalah :Layer Switches pane,Tranfer Control Panel, dan In/Out /Duration/Sterch Panes.
Tool Panel
Panel ini merupakan bagian penting untuk membantu proses kerja seperti :menyeleksi,membuat teks, zoom in/out , dan lainnya.Bagi yang pernah menggunakan program adobe lainnya tentu sudah mengenal tool-tool yang ada dalam panel ini.Nah,fungsi nan cara kerja tol-tool tersebut,dalm AE CS 3 pun sama.

Time Control Panel
Untuk menjalankan sebauah file dalam multimedia tentunya diperlukan panel untuk menjalankanya. Agar file yang dilihat sesuai dengan kondisi realtime ,pilih RAM Preniew dalam Panel Tome Control.

Effect Control Panel
Panel ini dapat berfungsi untuk mengatur parameter efek-efek yang digunakan dalam project.Untuk menampilkan panel ini dapat memilih Effect>Effect Control atau dengan menekan F3.

Dari Panel ini juga dapat langsung memilih efek dari panel, Klik kanan mouse lalu pilih efek yang akan digunakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

© ANIMATOGRAFI is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template